Kejari Langkat Peringkat Lima Besar Nasional Satker Aktif Kunjungan Tamu

Stabat – Kejaksaan Negeri (Kejari) Langkat kembali menorehkan kesuksesannya. Di bulan Januari 2023, Kejari Langkat meraih peringkat lima dalam top 10 satuan kerja (Satker) aktif kunjungan tamu. Dalam periode 1 hingga 31 januari 2023, terdapat 303 kunjungan tamu di sana.

Hal itu menunjukkan, tingginya kepercayaan masyarakat untuk berineraksi dengan Kejari Langkat Mei Abeto Harahap SH MH, melalu Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Sabri Marbun SH. Data kunjungan itu, diperoleh dari aplikasi e-Tamu pada Kantor Kejari Langkat.

 

“Tujuan dari aplikasi tersebut, untuk mendata tamu yang hendak berkunjung ke kantor. Data yang terisi, terhubung ke sistem yang dikelola oelh Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Kejari Langkat menerapkan aplikasi e-Tamu tersebut sejak 1 Januari 2023, sesuai arahan Kejaksaan Agung Republik Indonesia,” kata Kejari Langkat Mei Abeto Harahap, melalui Kasi Intelijen Sabri Marbun SH, Selasa (7/2/2023) pagi.

 

Hal yang paling membanggakan, Kejari Langkat menjati satu – satunya Kejaksaan Negeri di Sumatera yang meraih peringkat lima besar dari 10 Top Nasional. Peringkat ke-dua nasional setelah Kejari Kerawang. Tentunya, hal itu bukanlah sesuatu yang mudah diraih.

 

Peran aktif Kajari Langkat yang selalu membimbing dan mengarahkan pegawainya, untuk selalu meningkatkan kualitas diri dan update seluruh perintah serta instruksi dari Pimpinan di Pusat. Dukungan dari jajaran dan para Kepala Seksi yang profesional dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja bidan masing – masing, juga sangat berperan penting.

 

“Hal ini tidak ujuk – ujuk muncul otomatis ke permukaan begitu saja. Tapi karean secara sistem, semua kegiatan kita dimonitor oleh pusat, tanpa adanya intervensi. Bergerak dan nerkarya itu mudah dan murah. Tinggal kita ikuti petunjuk pimpinan dan praktekkan di daerah. Kita harus mempertahankan konsistensi e-Tamu ini. Selamat untuk kita semua, lanjutkan dan pertahankan di periode berikutnya, terima kasih,” lanjut Mei Abetio.

 

Mei Abeto manambahkan, bukti Kejaksaan harus lebih baik adalah, salah satunya dengan penerapan program e-Tamu. Siapa pun tamu yang datang ke kantor, wajib diterima dengan baik. Serta dilayani secara maksimal dengan menerapkan SOP yang ada. Hal itu menunjukkan, Kejari Langkat siap dengan pelayanan publik dan siap dengan segala apa yang dibutuhkan masyarakat dalam hal pelayanan.

 

E-tamu yang menjadi leading sektornya, merupakan tanggung jawab Bidang Pembinaan dibawah kepemimpinan Oktafiada Ginting SH. Diharapkan, hal ini mampu mempertahankan konsistensi SOP penerimaan tamu tersebut. Tentu tidak terlepas peran Kepala Seksi Intelijen, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus, Kepala Seksi Perdata dan TUN, Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti, yang mampu mengelola para jajarannya dalam menerima tamu ini dengan baik. Termasuk juga kedisiplinan Para Security dan Petugas PTSP dalam Melaksanakan program e-tamu tersebut.

Mei Abeto menambahkan, kedepannya Kejari Langkat akan menghadapi tantangan – tantangan lain dalam melaksanakan tugas dan fungsi untuk memberikan layanan terbaik. Baik bagi masyarakat, maupun seluruh elemen yang ada di Kabupaten Langkat.

 

“Tentu, jika disertai prestasi gemilang, itu adalah bonus bagi seluruh jajaran Kejari Langkat. Kita harus bekerja dengan loyalitas tanpa batas. Tentunya dengan keikhlasan, serta rasa pengabdian untuk bangsa dan negara,” tandasnya. (Ahmad)